Kampung Berseri Astra Gerakan Ekonomi Masyarakat Dengan Mengolah Sampah Plastik

Astra Internasional • January 1, 2020

JAKARTA: Berserakan dan tidak bernilai. Sampah plastik banyak kita jumpai di berbagai tempat di sekitar kita, tetapi dibiarkan begitu saja. Namun, bagi salah satu kelurahan di Kota Mataram, tumpukan sampah plastik adalah aset berharga, terutama dalam segi ekonomi.

Melalui program bank sampah di Kampung Berseri Astra (KBA) Dasan Cermen, Mataram, sampah plastik dapat dikonversikan menjadi uang yang dapat digunakan untuk menambah penghasilan masyarakat di sana.

KBA Dasan Cermen merupakan salah satu kampung di Kota Mataram yang memiliki depo sampah, TPS 3R (reduce, reuse, recycle), serta pengurus yang aktif melayani dan melakukan pendampingan kepada masyarakat untuk program bank sampah sampai saat ini.

“Program bank sampah sejalan dengan gerakan Semangat Kurangi Plastik yang diinisiasi oleh Astra agar masyarakat peduli terhadap lingkungan sekitar, terutama dalam mengolah dan memperdayakan kembali penggunaan sampah plastik,” tutur ibu lurah sekaligus tokoh penggerak KBA Dasan Cermen Henny Suyasih.

KBA Dasan Cermen merupakan satu dari 22 KBA yang ada di seluruh Indonesia yang menerapkan gerakan Semangat Kurangi Plastik, sebuah program kontribusi sosial berkelanjutan Astra yang bertujuan mengurangi sampah plastik sekali pakai. Program ini diluncurkan Astra pada Februari 2020.

Tercatat hingga saat ini sekitar 70 orang menjadi nasabah bank sampah di KBA Dasan Cermen dengan total keseluruhan kas dari kegiatan bank sampah mencapai Rp20 juta.

Adanya program bank sampah ini cukup membantu perekonomian masyarakat sekitar. Beberapa nasabah memanfaatkan tabungan tersebut untuk keperluan pendidikan anak, pembangunan atau renovasi rumah serta keperluan mendesak lainnya.

“Program ini sudah berjalan sesuai dengan tujuannya. Dengan adanya bank sampah yang seiring dengan gerakan Semangat Kurangi Plastik, masyarakat sekitar sudah mulai memahami dampak circular economy dari sampah plastik,” ungkap local champion KBA Dasan Cermen selama 7 tahun itu.

Beberapa masyarakat tergerak untuk membentuk kelompok usaha. Mereka melihat adanya nilai ekonomis dari sebuah sampah yang telah disetorkan ke bank sampah yaitu menjadi sebuah produk tas belanja, suvenir, hiasan bunga dan beberapa produk kerajinan lainnya.

Kegiatan bank sampah mengubah pemahaman masyarakat terhadap sampah plastik menjadi sebuah aset berharga. Hal ini membuat KBA Dasan Cermen mendapat pengakuan dari Dinas Lingkungan Hidup untuk tingkat wilayah dan provinsi sebagai kampung bersih sehat dan desa siaga. Serta mendapatkan apresiasi pada lomba kampung sehat nurut tatanan baru tingkat kecamatan Kota Mataram.

Banting Setir ke Keripik Pisang

Jika masyarakat di KBA Dasan Cermen mendapat tambahan penghasilan dari pengelolaan sampah plastik, lain halnya dengan masyarakat di KBA Pasirluyu Bandung.

Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, para warga KBA Pasirluyu disibukkan dengan mengemas keripik pisang untuk dijual di berbagai daerah guna menambah penghasilan masyarakat.

“Keripik rasa susu vanila dan teh hijau sering dipesan oleh orang Garut,” ujar tokoh penggerak KBA Pasirluyu Yayat Rustadi.

Yayat bersama para pemuda dan tokoh masyarakat mengajak warga lainnya untuk mengembangkan keripik pisang demi meningkatkan kembali perekonomian KBA Pasirluyu, yang saat itu lesu akibat banyaknya warga yang terkena pemutusan hubungan kerja dampak dari pembatasan sosial berskala besar di Jawa Barat.

Yayat kemudian mengedukasi masyarakat untuk beralih ke penjualan secara daring. Seperti pemasaran produk keripik pisang melalui media sosial serta mengajak para warga untuk menarik para konsumen antardaerah melalui varian baru. Tercatat sekitar Rp3,3 juta telah terkumpul penjualan keripik pisang setiap bulannya.

“Inisiasi tersebut murni lahir dari kepedulian masyarakat Pasirluyu yang terkena dampak pandemi. Hal ini bertujuan agar perekonomian warga Pasirluyu dapat terus berputar,” tutur Yayat.

Hingga saat ini, Yayat bersama para pemuda masih membantu para warga yang terkena dampak pandemi melalui upaya pemasaran produk unggulan KBA Pasirluyu agar dapat membantu para warga dalam memulihkan ekonomi setempat.

“Walaupun sudah tercatat kurang lebih 75% dari masyarakat ekonominya dapat bertahan, kami terus berupaya dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar KBA Pasirluyu dikenal sebagai kampung mandiri dengan warga produktif,” ujar Yayat yang menjadi motor penggerak KBA Pasirluyu selama 5 tahun itu.

KBA Dasan Cermen dan KBA Pasirluyu merupakan contoh dari 112 KBA yang menjadi kampung mandiri dalam menjalankan prinsip 4 pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra yaitu kesehatan, pendidikan, kewirausahaan dan lingkungan.

Kontribusi para tokoh penggerak KBA seperti Henny dan Yayat dalam menopang roda perekonomian masyarakat di sekitar KBA Dasan Cermen dan KBA Pasirluyu sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi:

Boy Kelana Soebroto

Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk

Telp. 021-508-43-888

Tentang PT Astra International Tbk:

PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari: 1) Otomotif, 2) Jasa Keuangan, 3) Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, 4) Agribisnis, 5) Infrastruktur dan Logistik, 6) Teknologi Informasi dan 7) Properti.

Kegiatan operasional bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 235 anak perusahaan, ventura bersama serta entitas asosiasi, didukung oleh 194.359 karyawan, berdasarkan data Juni 2020.

Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah membangun reputasi yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas, dengan memerhatikan pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik. Astra senantiasa beraspirasi untuk menjadi perusahaan kebanggaan bangsa yang berperan serta dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, kegiatan bisnis Astra berupaya menerapkan perpaduan yang berimbang dalam aspek komersial bisnis dan sumbangsih non-bisnis melalui 9 yayasan yang dibinanya, juga melalui beragam program tanggung jawab sosial berkelanjutan Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.

Astra menginisiasi program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards yang tahun ini memasuki tahun kesebelas dan telah mengapresiasi 305 anak muda, yang terdiri dari 59 penerima tingkat nasional dan 246 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. Beberapa penerima apresiasi tersebut telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 112 Kampung Berseri Astra dan 750 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.astra.co.id & www.satu-indonesia.com, serta ikuti kegiatan Astra melalui Instagram (@SATU_Indonesia), YouTube (SATU Indonesia), Facebook (Semangat Astra Terpadu) dan Twitter (@SATU_Indonesia).

By Winteq Marketing Team January 16, 2022
ByAnnisa Bella Syana.S Hannover Messe 2021: Digital Edition menampilkan kekuatan teknologi industri dari para eksibitor, terutama yang dibawa oleh Indonesia sebagai official partner country. Dalam ajang tersebut, perusahaan serta lembaga yang menjadi peserta menampilkan inovasi dan prinsip-prinsip yang berhasil mendukung transformasi teknologi menuju industri 4.0. Salah satu perusahaan yang tampil adalah PT Astra Otoparts Tbk sebagai co-exhibitor hasil kurasi Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Wujud dari keseriusan PT Astra Otoparts Tbk dalam melakukan transformasi digital ditunjukkan melalui Workshop for Industrial Equipment (WINTEQ) yang merupakan divisi yang bergerak dalam bidang solusi engineering, untuk membangun daya saing di dunia manufaktur, khususnya bagi Grup Astra Otoparts. “Inisial solusi engineering dimulai dengan produk Special Purpose Machinery,” ujar Chief Operating Officer WINTEQ Donny Novanda di Jakarta, Jumat (16/04/2021). WINTEQ juga menginisiasi Integrated Automation System untuk memenuhi kebutuhan produk berkualitas yang dihasilkan secara efisien. Di sisi lain, penerapan sistem otomasi ini berimbas kepada bergesernya kompetensi para engineer di perusahaan. Kebutuhan untuk berinteraksi dengan teknologi yang relatif baru memerlukan infrastruktur Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten. “Sehingga, solusi otomasi yang diberikan harus disertai edukasi yang cukup bagi para engineer pengguna produk otomasi. Karena itu WINTEQ membekali engineer-nya dengan Technical Training Program,” papar Donny. Selain itu, dalam era industri 4.0, WINTEQ mengembangkan penerapan SMART Factory. Proyek ini dimulai melalui berbagai pilot project yang memanfaatkan teknologi secara spesifik untuk memecahkan masalah yang ada di proses produksi, seperti shop floor production system yang membantu proses pengambilan keputusan produksi secara langsung dan cepat dengan bantuan teknologi Internet of Things. Melalui pengambilan keputusan yang cepat, maka hambatan-hambatan yang mengurangi produktivitas di lantai produksi dapat diketahui secara realtime dan diatasi dengan segera, sehingga mampu meningkatkan produktivitas. Hingga tahun 2020, WINTEQ telah menghasilkan lebih dari 1500 produk, yang terdiri dari implementasi Special Purpose Machinery, Integrated Automation System, dan SMART Factory. “Dengan inovasi teknologi yang tepat guna, WINTEQ berkontribusi dalam pembuatan produk yang digunakan di berbagai industri dalam rangka transformasi digital untuk mewujudkan industri 4.0,” imbuhnya. Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier menyampaikan, pada Hannover Messe 2021, WINTEQ ]memamerkan aplikasi teknologi digital yang sudah diterapkan di anak perusahaan Grup Astra Otoparts. “Perusahaan ini masuk dalam tema Global Business and Market dan menampilkan produk-produk berkualitas yang diproduksi melalui penerapan teknologi Industri 4.0,” papar Taufiek. Selain WINTEQ, ikut serta Divisi International dari PT. Astra Otoparts Tbk dengan menampilkan berbagai produk-produk suku cadang antara lain Aspira, Aspira Premio, dan Incoe yang telah dipasarkan ke lebih dari 40 negara dan mampu bersaing secara global. Ia menambahkan, WINTEQ selama ini telah menjadi konsultan teknik dan mitra yang dipilih Kemeperin untuk menunjukkan kompetensi dan kapabilitas industri komponen di Indonesia dalam menerapkan teknologi Industri 4.0. “Kami mengharapkan, partisipasi WINTEQ dalam Hannover Messe 2021 dapat semakin mendukung pengembangan teknologi bagi perusahaan tersebut, serta membuka peluang bisnis dengan mitra dari mancanegara,” pungkasnya.
More Posts
Share by: